Membentuk Generasi Harapan
Membentuk Generasi Harapan

Membentuk Generasi Harapan

Membentuk Generasi Harapan – Pemuda adalah masa depan umat, dunia dan kemanusiaan. Adalah tugas orang tua untuk memulai berbekal dan membekali anak-anaknya.

Sebelum membentuk generasi yang tangguh, layaknya kita harus memahami hal-hal yang harus dipersiapkan dari diri kita yang juga kelak akan kita tanamkan pada generasi mendatang.

Membentuk Generasi Harapan

Bekal dasar yang harus dimiliki seorang muslim, terlebih generasi muda adalah :

  1. Aqidah yang kuat Aqidah adalah modal utama. Bentuk dari kesiapan aqidah adalah taqwa. Aqidah merupakan tolak ukur untuk menilai iman seseorang. Seorang muslim hendaklah memiliki keyakinan dan ketergantungan yang kuat terhadap Allah SWT saja dan tidak mencampuradukkan aqidahnya dengan aqidah lain.
  2. Ibadah yang baik dan benar Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam ibadah yaitu pola (bentuk) dan konsistensi (kesungguhan) dalam melaksanakannya, di manapun dan dalam kondisi apapun. Jika ibadah sudah benar dan konsisten dengan sendirinya akan terefleksi pada diri seorang muslim sebagai tanda bahwa ia memang seorang yang bersungguh-sungguh.
  3. Sempurnakan Akhlak Ajaran Islam sangat memperhatikan segi akhlak manusia. Akhlak yang diwujudkan dalam bentuk panutan yang baik, sangat efektif sebagai saranan menyebarkan prinsip Islam serta menuntun manusia pada keimanan dan kebaikan.
  4. Memiliki kemandirian yang kuat Proses kemandirian ekonomi seorang muslim, harus dimatangkan sesuai kematangan usianya.
  5. Kematangan Intelektual Agar bisa membedakan kebenaran dan keburukan, seorang muslim dituntut untuk memiliki kemampuan intelektual yang memadai, berwawasan luas dan kritis.
  6. Jasad yang kuat Rasulullah SAW dikenal memiliki kekuatan fisik yang luar biasa. Rasulullah juga sangat menekankan pentingnya daya tahan tubuh mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah SWT daripada mukmin yang lemah.
  7. Memiliki kesungguhan yang tinggi dalam amalnya
  8. Teratur dan cermat dalam berkarya
    Seorang mukmin harus selalu bekerja secara profesional sehingga menghasilkan hasil karya yang berkualitas
  9. Memperhatikan waktu
    Memperhatikan waktu adalah penting. Waktu adalah kehidupan itu sendiri kalau tidak digunakan sebaik0baiknya berarti telah menyia-nyiakan hidup. Terlebih karena waktu yang kita miliki sangatlah terbatas.
  10. Bermanfaat bagi orang lain
    Muslim harus menjadi rahmat bagi alam yaitu mampu memberi manfaat kepada diri sendiri, orang lain, dan alam sekitar.
👉 TRENDING :   Hikmah Gerak Gerik Shalat

Jika bekal dasar itu telah terpenuhi, seseorang akan memiliki karakter yang tangguh, mempunyai tekad, semangat, motivasi, kemampuan, serta ketahanan.