Hikmah Gerak Gerik Shalat
Hikmah Gerak Gerik Shalat

Hikmah Gerak Gerik Shalat

Hikmah Gerak Gerik Shalat – Af’al atau sikap dan gerak gerik kita dalam shalat mengandung hikmah yang sangat efektif untuk mencegah kemaksiatan dan kejahatan.

Hikmah Gerak Gerik Shalat

  1. Waktu shalat kita, kita dituntut untuk menutup aurat dengan sempurna, baik laki-laki maupun wanita. Hikmah yang terkandung didalamnya adalah agar senantiasa menutupi aurat kemanapun kita pergi atau berhadapan dengan orang lain yang bukan muhrim atau bukan suami/isteri. Karena terjadinya maksiat umumnya adalah karena manusia tidak memelihara auratnya.
  2. Selama shalat mata kita dilatih untuk hanya melihat tempat sujud, tidak boleh menoleh kiri kanan atau kebelakang walau apa yang terjadi. Ini melatih diri kita untuk selalu mengendalikan pandangan mata “Ghadhul bashar” karena mata yang liar tidak terkendali juga adalah sumber kejahatan dan kemaksiatan.
  3. Selama shalat lidah kita hanya boleh membaca bacaan shalat saja. Ini melatih diri kita untuk senantiasa hanya mengucapkan kata kata yang diridhai Allah saja, agar terjauh dari kata kata kotor, bohong, gunjing, gossip dan caci maki yang semuanya akan membawa pada kejahatan dan kemaksiatan.
  4. Selama shalat, telinga juga tidak boleh mendengarkan apapun dengan sengaja selain bacaan shalat kita sendiri atau bacaan imam. Ini melatih diri kita untuk hanya mendengarkan hal hal yang diridhai Allah saja dan menjauhkan pendengaran dari hal yang tidak diridhai Allah karena apa yang kita dengarkan akan mempengaruhi hati dan tingkah laku kita.
  5. Kaki dan tangan kita selama shalat dilatih tidak bergerak seenaknya, tidak melangkah kemanapun, dan tidak memegang atau menggerakkan tangan seenaknya, ini melatih kita agar kaki dan tangan kita juga hendaknya selalu melangkah dan melakukan hal hal yang diridhai Allah saja. Tidak mempergunakannnya untuk kejahatan dan kemaksiatan apapun karena semuanya itu akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah kelak diakhirat.
👉 TRENDING :   Kesalahan Saat Memulai Bisnis

Demikianlah diantara hikmah bacaan dan sikap gerak gerik shalat yang telah ditanamkan Rasulullah SAW kepada para sahabat dan umat beliau sehingga shalat mereka telah terbukti membentuk pribadi berakhlaq mulia yang bersih dari segenap kemaksiatan dan kejahatan.